7 Spot Geopark Ciletuh Yang Wajib Kamu Kunjungi

Ciletuh merupakan salah satu daerah di Sukabumi yang telah dinobatkan sebagai taman bumi (geopark) oleh UNESCO. Hamparan alam luas yang diisi dengan berbagai macam keindahan alam membuat daerah ini menjadi salah satu tujuan utama ketika berwisata ke Sukabumi. Di artikel ini kamu akan diberitahu tentang 7 spot Geopark Ciletuh yang begitu ciamik dan wajib kamu kunjungi.

1. Puncak Darma, Tempat Bersemayam Para Dewa

Menikmati kebesaran Tuhan di Puncak Darma benar – benar membuat terkagum – kagum akan pesona Nya, kawasan Geopark Teluk Ciletuh terlihat rapi darii kejauhan tampak hamparan sawah yang luas dengan padi lagi menguning siap panen, bukit – bukit hijau yang menggelilingi dan kumpulan – kumpulan rumah yang bergerombol terlihat seperti kotak – kotak mainan yang tersebar dan di ujung sana sebuah teluk berbentuk seperti tapal kuda berhadapan langsung dengan laut selatan.

Disini kamu bisa melihat hamparan alam luas yang terdiri dari berbagaimacam keindahan, alam pedesaan disertai lautan yang seakan tak berujung akan membuatmu terkagum-kagum dengan keindahan ciptaan Tuhan yang satu ini.

2. Bergetar Memandang Alam Dari Bukit Panenjoan

Karena Geopark Ciletuh merupakan bentang batuan tertua di Jawa Barat, maka di sini terdapat begitu banyak bukit bebatuan. Salah satu yang bisa anda nikmati keindahannya adalah Bukit Panenjoan. Dari sini anda bisa melihat wilayah Geopark Ciletuh secara keseluruhan. Dan tentu saja, bagi anda penggemar selfie, Bukit Panenjoan menyiapkan latar belakang yang dijamin bisa membuat teman-teman anda iri.
Panenjoan merupakan sebuah daerah ketinggian/tebing, dengan ketinggian kurang lebih 250 mdpl yang terletak di kawasan Taman Bumi Ciletuh (Ciletuh Geopark) Desa Taman Jaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.
Panenjoan berasal dari kata “tenjo” bahasa Sunda, yang artinya “lihat” (tingali). Selain wilayah Panenjoan ada juga wilayah Paniiisan, yang jaraknya beberapa ratus meter dari Panenjoan. Paniisan (dalam bahasa Sunda) berarti tempat untuk beristirahat, karena di area tersebut terdapat bendungan kecil (masyarakat sekitar menyebutnya Cekdam) yang membuat suasana di sekitarnya menjadi dingin “tiis” (dalam bahasa Sunda).

3. Curug Sodong yang Begitu Menakjubkan

Curug Sodong adalah salah satu air terjun yang berada di kawasan Ciletuh Geopark. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Keunikan dari air terjun ini adalah pemandangan alamnya yang indah, di sekitar air terjun ini tumbuh pepohonan yang hijau dan rindang. Dinamakan “sodong” karena di balik air terjun ini terdapat cekungan yang menyerupai sebuah gua. Dan dalam istilah bahasa sunda, cekungan yang menyerupai gua tersebut sering disebut sebagai “sodong”.
Curug Sodong yg satu aliran dgn Curug Cikanteuh di atas nya terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Untuk aksesnya sudah lumayan baik dengan jalan beraspal dan pemandangan sawah yang membuat segar mata.

4. Pantai Palangpang yang Tak Kalah AsikUntuk Dinikmati

 

Pantai Palangpang adalah muara dari aliran sungai Curug Cimarinjung. Setelah dari lokasi Cimarinjung, perjalanan kami teruskan sekitar 10 menit untuk tiba di hamparan pasir Pantai Palangpang. Sepanjang perjalanan, jika kita melihat ke arah belakang kemegahan Curug Cimarinjung masih terus dapat dinikmati bahkan semakin indah dengan adanya persawahan dan rumah-rumah kecil sebagai foreground dari pemandangan Curug Ini.

5. Menyanjung Curug Cimarinjung.

Untuk menuju ke curug Cimarinjung, anda harus terlebih dulu dimanjakan dengan pemandangan sawah nan hijau. Dari kejauhan anda bisa melihat bagaimana indahnya air terjun yang jatuh dari deretan perbukitan. Namun untuk menuju ke dasar air terjun, anda harus berjuang sedikit keras dengan melewati jalan setepak yang dipenuhi bebatuan. Tapi sesampai anda di sini, semua rasa lelah akan hilang, karena keindahan yang ditawarkan Curug Cimarinjung begitu memukau. Deretan batu besar yang bergelimpangan di sekitar air terjun, membuat seakan dibawa ke jaman Jurasik Park, sungguh memukau.

6. Curug Awang, Niagara Mini Dari Sukabumi

Sebagai salah satu daerah yang dipenuhi dengan bermacam keindahan alamnya, sukabumi kembali diperkaya dengan berbagai macam destinasi wisata yang mulai dilirik dunia, destinasi wisata tersebut berada di Geopark Ciletuh. Disana terdapat berbagai macam air terjun dan juga pemandangan alam lainnya, salah satu air terjun yang paling banyak dikunjungi adalah Curug Awang.
Curug Awang merupakan salah satu curug yang berada di aliran sungai Ciletuh, sungai ini membatasi wilayah kecamatan Ciemas dengan kecamatan Ciracap, disamping itu juga merupakan batas antara desa Taman Jaya dengan desa Cibenda serta pembatas antara desa Mekar Sakti dan desa Mandra Jaya. Di sungai ini terdapat beberapa air terjun yang patut untuk dikunjungi, beberapa diantaranya yang cukup terkenal dan terletak di wilayah desa Taman Jaya adalah Curug Awang, Curug Tengah dan Curug Puncak Manik.

7. Tugu Ciletuh Geopark

Salah satu tempat yg paling epic buat di poto, belum lengkap rasanya bila berkunjung ke Ciletuh kalau tidak mengabadikan momen di sini.
Itulah 7 Spot Geopark Ciletuh yang paling ciamik dan cocok banget untuk mengisi media sosialmu, untuk bisa mengelilingi Ciletuh dan mengunjung tempat-tempat indah tersebut kamu butuh waktu minimal dua hari, karena jarak dari setiap spotnya agak berjauhan, jadi jangan lupa pilih waktu yang tepat dan bawa perlengkapan berfoto yang memadai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *