Pantai Ujung Genteng, Pantai Cantik yang Berbatasan Langsung dengan Samudera Hindia

Ujung Genteng merupakan kawasan yang berada didaerah pesisir pantai selatan Jawa Barat yang masuk dalam wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai Ujung Genteng merupakan salah satu surga tersembunyi yang ada di Jawa Barat dengan air lautnya yang jernih.
Pantai Ujung Genteng merupakan salah satu pantai yang berada di selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Air lautnya yang jernih membuat banyak para wisatawan mengunjungi tempat ini. Letaknya kurang lebih 200 kilometer dari Ibukota Jakarta. Pantai Ujung Genteng menghadirkan suasana bersahaja masyarakat sekitar pantai yang mayoritas bekerja sebagai nelayan.Pantai berpasir putih memang selalu memikat mata orang yang memandangnya. Jika anda beruntung, maka anda akan melihat secara langsung penyu yang tengah bertelur dan kita juga dapat ikut para nelayan untuk mencari lobster.

Di sepanjang perjalanan menuju pantai tersebut, maka anda akan disuguhkan pemandangan hijau yang pastinya memikat mata. Anda juga akan merasakan sensasi melakukan perjalanan melewati pegunungan ataupun bukit yang tentunya berkelok-kelok.

Fasilitas di Pantai Ujung Genteng

Keindahan pantai yang cantik, kurang didukung adanya fasilitas yang memadahi. Fasilitas yang ada seperti penginapan, kebanyakan hanya berupa rumah singgah dan cottage sederhana yang disediakan oleh penduduk sekitar pantai. Para wisatawan juga dapat membeli lobster dengan harga kisaran Rp. 50.000,-. Harga yang lebih murah daripada kita membeli di restoran.

Fasilitas lain seperti kamar mandi, toilet umum juga ada disini. Apabila anda ingin membawa pulang oleh-oleh untuk kerabat terdekat, maka bisa juga membeli aneka macam souvenir khas Ujung Genteng. Banyak sekali kios kecil yang menjajakan souvenir khas tersebut, dapat berupa kaos, gantungan kecil, gelang dan lain-lain.

Di sekitar pantai, banyak juga terdapat warung kecil yang menjual aneka macam makanan laut. Dengan harga yang murah, anda sudah bisa makan dengan berbagai macam menu yang telah disediakan oleh para pedangang. Air kelapa muda juga bisa anda nikmati di tengah panasnya terik matahari.

Sejarah Pantai Ujung Genteng

Asal mula nama Pantai Ujung Genteng diambil dari kalimat “Ujung Genting”. Penamaan tersebut diambil didasarkan pada ujung-ujung genting yang letaknya berada di ujung salah satu sudut pulau di Jawa Barat yang berbentuk gunting.

Ujung gunting bawah disebut dengan nama Ujung Genteng, sedangkan di bagian ujung gunting atas berada di Ujung Kulon. Dulu, Ujung Genteng bukanlah nama sebuh desa, namun karena adanya perpecahan desa yang dibagi menjadi dua, maka Ujung genteng menjadi sebuah desa.

Ujung Genteng merupakan salah satu kawasan yang secara garis besar memiliki dua are yang sama-sama menarik untuk dikunjungi. Ada kawasan wisata pantai dan air terjunnya. Pantai Ujung Genteng juga disebut sebagai “Mutiara yang Tersembunyi” karena keindahan dan kealamian tempatnya.

Hunting Foto di Pantai Ujung Genteng

Berkunjung ke Pantai Ujung Genteng pasti kurang sempurna jika anda tidak mengabadikan momen semperna. Kawasan wisata pantai ini sering sekali dijadikan para pemburu foto profesional sebagai tempat pre wedding ataupun sekedar membidik paronama yang indah. Latar air yang jernih, menjadikan Pantai Ujung Genteng menjadi tempat favorit para fotografer.

Tidak jarang juga, jika banyak menemukan pemuda pemudi yang asik berfoto selfie didepan kamera dengan memanfaatkan keindahan tempat ini. Manfaatkanlah objek-objek yang ada disekitar pantai, serta pemandangan disekitar pantai yang akan membuat foto anda terlihat berbeda.

Kamera anti air sangat disarankan untuk anda bawa, agar tidak merusak fungsi kamera kesayangan anda. Apabila anda lupa untuk membawa kamera, anda juga bisa menyewa jasa foto yang biasanya keliling di sekitar pantai.

Di kawasan Pantai Ujung Genteng, para wisatawan dapat menikmati pemandangan puing-puing bekas dari dermaga yang dahulu dibangun pada jaman pemerintahan Belanda. Jadi banyak sekali spot foto yang bisa anda manfaatkan disini

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Ujung Genteng

Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan indah, harga masuk tempat wisata 2017 untuk Pantai Ujung Gentang dikenakan Rp.10.000,- per orang. Harga yang murah untuk memasuki wisata yang terkenal dengan keindahannya yang eksotis. Pantai ini buka 24 jam untuk umum, disekitar pantai juga sudah ada penjaga yang akan mengawasi pantai.

Tips Ketika Berlibur ke Pantai Ujung Genteng

  • Membawa baju ganti yang lebih jika anda ingin berenang dan mandi di tepi pantai
  • Disarankan untuk membawa baju yang mudah menyerap keringat
  • Topi dan kacamata hitam juga disarankan untuk anda yang akan berlibur ke pantai
  • Jangan berenang terlalu ketengah, karena meskipun ombak terlihat tenang, anda tetap harus waspada
  • Awasi anak-anak
  • Jangan membuang sampah disekitar pantai, anda juga harus menjaga kebersihan pantai agar pantai tersebut tetap terjaga kelestariannya
  • Para wisatawan wajib untuk melestarikan keindahan alam dan sebaiknya jangan merusak fasilitas yang ada disekitar pantai

Diatas adalah ulasan tentang Pantai Ujung Genteng, anda bisa menerapkan tips saat ingin berlibur ke pantai. Pantai Ujung Genteng dapat menjadi wisata berlibur anda bersama keluarga ataupun pasangan, karena keeksotisannya yang akan memanjakan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *